Takut Jarum Suntik? Itu bisa mempengaruhi Kesehatanmu

Takut jarum suntik? Itu bisa mempengaruhi kesehatanmu – Tidak ada yang suka pin dan jarum. Baik untuk tes darah, vaksinasi, atau donor darah, jarum suntik adalah sesuatu yang kebanyakan orang lebih suka hindari.

Takut jarum suntik? Itu bisa mempengaruhi kesehatanmu

Namun, hanya dilihat dari jadwal vaksinasi dan pengujian rutin, rata-rata orang sehat dapat mengharapkan setidaknya 165 tusukan jarum dalam hidup mereka. dirawat di rumah sakit? Itu bisa menambah lusinan atau bahkan ratusan lagi. Dan jumlah tusukan jarum suntik yang dialami oleh penderita diabetes, HIV, dan beberapa penyakit lainnya berada pada kisaran “jangan tanya”.

Bagi banyak orang, ini mungkin lebih merupakan gangguan daripada masalah nyata. Tetapi jika Anda memiliki ketakutan yang kuat terhadap jarum suntik atau keengganan untuk melihat darah, mendapatkan vaksinasi atau jarum lainnya adalah masalah besar. Jika ini terdengar seperti Anda, Anda mungkin menderita trypanophobia

Apa itu Trypanophobia?

Tepatnya, nama tersebut menggabungkan istilah Yunani trypano – yang berarti menusuk atau menusuk – dengan fobia, yang berarti ketakutan. Kondisi yang sangat umum ini ditandai dengan ketakutan yang irasional, ekstrem, atau keengganan terhadap darah atau jarum suntik. Diperkirakan ketakutan akan jarum suntik mempengaruhi hingga 25% orang dewasa, dan dapat menyebabkan 16% orang di AS melewatkan vaksinasi. Banyak orang yang sangat takut dengan jarum suntik mungkin menghindari dokter dan perawatan medis, sehingga masalah ini cenderung diremehkan.

Untuk memperjelas: fobia ini tidak terbatas pada orang yang terlalu sensitif terhadap rasa sakit atau tidak “cukup kuat”. Itu bisa mempengaruhi siapa saja. Penyebabnya sering tidak diketahui, tetapi pengalaman traumatis selama masa kanak-kanak dari penyakit medis dapat mengatur panggung bagi sebagian orang. Dan mungkin ada komponen genetik. Para peneliti telah menemukan gen yang terkait dengan pingsan setelah tertusuk jarum, dan trypanophobia terkadang diturunkan dalam keluarga.

Apa saja gejala phobia ini?

Orang dengan trypanophobia yang berpikir tentang tusuk jarum mungkin mengalami

  • ketakutan atau kecemasan
  • serangan panik, mual, atau berkeringat
  • detak jantung
  • pingsan (karena refleks di mana rasa sakit atau melihat darah memicu penurunan tekanan darah)
  • insomnia pada hari-hari atau minggu-minggu sebelum tusuk jarum yang diharapkan.

Bagaimana ketakutan akan jarum suntik mempengaruhi Anda?

Ketakutan ini dapat mempengaruhi

  • kualitas hidup: Sangat tidak menyenangkan menghabiskan berminggu-minggu dengan ketakutan akan janji dokter yang akan datang.
  • Kesehatan: Melewatkan tes dan perawatan yang direkomendasikan untuk menghindari tusuk jarum dapat menyebabkan diagnosis yang terlewat, kondisi medis yang tidak terpantau dengan baik, dan perawatan yang kurang. Contoh tepat waktu adalah tidak memvaksinasi COVID-19, yang dapat berakibat serius atau bahkan mematikan. Selain itu, para pemasar narkoba terkadang bermain-main dengan ketakutan akan jarum suntik dalam iklan mereka, atau mungkin mengecilkan fakta bahwa narkoba memerlukan suntikan.
  • umur panjang: Melewatkan perawatan medis rutin dapat menyebabkan penderitaan dan kematian yang dapat dihindari. Misalnya, benjolan kanker payudara yang dapat dideteksi selama pemeriksaan rutin mungkin tidak diketahui sampai lama kemudian, ketika tidak dapat disembuhkan.

Apa yang dapat Anda lakukan untuk mengatasi rasa takut Anda terhadap jarum suntik?

Tidak banyak penelitian berkualitas tinggi tentang cara terbaik untuk mengobati trypanophobia. Namun, para ahli menyarankan sejumlah opsi untuk membantu orang mengatasinya.

  • Bawa dukungan, jika diizinkan. Itu rutinitas anak kecil. Tetapi berpegangan tangan atau mendengar suara pasangan, teman tepercaya, atau anggota keluarga juga dapat menenangkan orang dewasa.
  • Manfaatkan kekuatan pengalih perhatian (lihat video menakjubkan tentang seorang dokter anak yang mengalihkan perhatian seorang anak kecil sebelum vaksinasi). Fokus pada apa pun selain jarum suntik: noda di lantai, efek positif dari mendapatkan vaksin COVID-19 (segera Anda dapat memeluk keluarga Anda!), atau liburan Anda yang akan datang.
  • Beri tahu orang yang memberi Anda suntikan atau pengambilan darah bahwa Anda sedang berjuang dengan ini, dan beri tahu mereka apa yang terbaik untuk Anda. Beberapa orang lebih suka mendengar tentang setiap langkah sebelum itu terjadi sehingga tidak ada kejutan. Tanyakan apakah penyedia layanan kesehatan Anda memiliki trik perdagangan untuk membantu Anda melewatinya.
  • Tanyakan kepada orang yang memberikan suntikan atau pengambilan darah Anda apakah mereka dapat menggunakan agen mati rasa yang mirip dengan novocaine, atau semprotan pembekuan untuk mematikan rasa kulit sebelum jarum ditusuk.
  • Jangan menonton! Tidak ada gunanya melihat semua persiapan tusuk jarum atau melihat jarum itu sendiri. Menonton bisa memperburuk keadaan.
  • Pelajari cara bersantai. Cobalah pernapasan dalam atau teknik relaksasi lain yang dapat Anda praktikkan sebelum menusuk jarum.
  • Berbaring lah di depan tusukan jarum, jika Anda pernah pingsan atau merasa pusing di masa lalu dengan tusukan jarum.

Bisakah terapi membantu?

Mengunjungi spesialis kesehatan mental mungkin dapat membantu. Dia mungkin merekomendasikan

  • terapi perilaku kognitif, atau CBT, yang mengajarkan orang bagaimana membingkai ulang cara berpikir yang tidak membantu dan membangun strategi koping.
  • terapi paparan, peningkatan paparan jarum secara bertahap dan diawasi, yang dapat mengurangi kepanikan yang ditimbulkannya. Misalnya, selama beberapa minggu Anda mungkin diinstruksikan untuk melihat foto alat suntik, lalu memegang alat suntik tanpa jarum, kemudian memegang alat suntik dengan jarum, dan kemudian membayangkan suntikan—semua dengan bimbingan terapis—sebelum benar-benar memiliki satu.
  • obat-obatan, seperti obat anti-kecemasan atau obat penenang, dapat diresepkan jika tindakan lain tidak efektif, dan kecemasan seputar jarum suntik menghalangi perawatan medis (atau hanya membuat Anda sengsara).

Sumber: Swab Test Jakarta