Servis Radiator Honda di Bengkel Resmi Honda

Seberapa sering servis radiator Honda perlu dilakukan? Honda merekomendasikan bahwa kipas radiator atas, bawah dan tengah harus diperiksa setiap 10.000 kilometer, tergantung pada kebiasaan mengemudi, kondisi lingkungan, dan faktor lainnya. Kipas radiator bawah diperiksa setiap 20.000 kilometer, sedangkan kipas tengah diperiksa setiap 40.000 kilometer. Untuk radiator atas, interval yang disarankan adalah satu jam. Interval untuk kedua penggemar adalah satu hari.

Servis Radiator Honda

Selama servis radiator Honda, bengkel mobil dapat menyediakan AC jika diperlukan. Pengontrol suhu sistem pendingin ditutup selama proses. Seorang teknisi datang ke bengkel mobil baik dengan mobil atau truk. Dia membawa senter dan menggunakannya untuk memeriksa mobil dari kerusakan yang mungkin ada pada sistem pemanas atau pada kabel. Teknisi memulai dengan melakukan inspeksi visual terhadap keseluruhan sistem pendingin mobil dan mencari kebocoran, pecah atau kerusakan dalam bentuk apa pun. Dia juga memeriksa kebocoran cairan di mana oli atau cairan pendingin disimpan, dan untuk setiap kerusakan pada sistem pendingin mobil yang mungkin mengindikasikan masalah dengan inti pemanas.

Setelah pemeriksaan selesai, teknisi melakukan pemeriksaan lebih mendalam terhadap sistem pemanas. Jika ada kebocoran, teknisi membersihkannya menggunakan larutan deterjen sintetis dan menyekanya menggunakan handuk kertas. Uji putar dilakukan dengan menggunakan udara sintetis dan mobil kemudian dijalankan pada tingkat cairan pendingin 1,3 volt per galon. Teknisi bersertifikat Honda hanya menggunakan suku cadang dan aksesori yang berkualitas tinggi, teruji, dan bersertifikat dalam servis radiator Honda mereka.

Salah satu layanan pertama yang dilakukan teknisi di layanan inti pemanas Honda adalah pemeriksaan untuk memastikan semuanya masih berfungsi dengan baik. Jika ada masalah yang jelas, seperti kebocoran, segel rusak atau pipa rusak, teknisi segera memperbaikinya. Masalah lain yang tidak disebabkan oleh kerusakan mobil, seperti kotoran berlebih di dalam mesin, perlu mendapat perhatian lebih detail. Teknisi bersertifikat Honda dapat membersihkannya dengan menggunakan udara bertekanan tinggi dan atau cairan hidrolik.

Layanan inti pemanas honda sangat berbeda dari perawatan radiator. Satu perbedaannya adalah bahwa alih-alih hanya mengganti suku cadang, teknisi mengujinya dari kebocoran. Hal ini memungkinkan teknisi mengetahui suku cadang kendaraan apa yang perlu diganti. Terkadang, ketika teknisi harus mengganti bagian yang bocor, ia menggantinya dengan yang benar. Dengan inspeksi penuh terhadap seluruh sistem pemanas, diagnosis lengkap dari setiap masalah dapat diselesaikan dan menghindari perbaikan yang mahal.

Pelatihan Khusus Teknisi Radiator Mobil

Dealer khusus Honda yang melayani semua model Honda akan memiliki teknisi yang terlatih khusus dalam melakukan servis radiator Honda. Teknisi ini telah menerima pelatihan dan sertifikasi khusus yang memungkinkan mereka melakukan bagian pekerjaan tertentu seperti di lebihkencang. Beberapa dealer mengkhususkan diri dalam penggantian inti pemanas Honda saja, sementara yang lain melakukan semua pekerjaan yang diperlukan. Penting untuk menemukan dealer yang melayani semua merek dan model mobil atau truk Anda untuk menghindari paksaan membawa mobil Anda kembali ke bengkel yang mengkhususkan diri hanya pada satu merek atau model. Selain itu, teknisi bersertifikat yang melayani semua jenis merek dan model akan memiliki alat dan pengukur paling mutakhir untuk pekerjaan mereka.

Sangat disarankan agar setiap mobil atau truk Honda dibawa ke bengkel mobil jika mobil mengalami kebocoran yang parah. Kebocoran dapat diperbaiki tetapi terkadang yang terbaik adalah pergi ke dealer untuk menyelesaikan pekerjaan dengan benar. Teknisi bersertifikat lebih mungkin mengetahui dengan tepat merek dan model mobil yang perlu diperbaiki. Mereka juga akan dapat menentukan apakah kebocoran terbatas pada area tertentu atau telah menyebar ke seluruh mobil. Akhirnya, teknisi yang disertifikasi kemungkinan akan menggunakan peralatan yang tepat untuk memperbaiki masalah.

Jika mobil atau truk Anda tidak lagi berfungsi dengan baik, disarankan untuk membawanya ke dealer. Beberapa bengkel mobil mengenakan biaya untuk tes diagnostik, tetapi dealer harus menyediakan semua peralatan yang diperlukan untuk evaluasi masalah. Seorang penjual mobil bekas harus bisa memberikan penawaran harga untuk layanan yang dibutuhkan. Sebagian besar dealer memiliki teknisi pilihan yang mereka rekomendasikan.