Mengulas Marketing Training untuk Mengetahui Tahapan Pemasaran

Pelatihan kerja bisa diikuti untuk mendapatkan pengetahuan dan kemampuan yang bisa diaplikasikan di dunia bisnis. Terdapat banyak pelatihan bisnis sesuai dengan posisi yang bisa dipilih sesuai kebutuhan. Salah satunya adalah marketing training   yang merupakan pelatihan pemasaran. Tujuan dari pelatihan marketing ini dapat untuk meningkatkan angkat penjualan yang dapat bermanfaat dan menguntungkan untuk perusahaan. Dengan pelatihan yang diberikan akan bisa mendapatkan teknik marketing yang bisa digunakan, sehingga bisa digunakan dalam meningkatkan omset. Salah satu hal yang bisa didapatkan dalam pelatihan marketing adalah dapat mengetahui tahapan pemasaran. Hal ini merupakan pengetahuan bagi marketing yang dapat menjadi langkah yang digunakan untuk memastikan dapat menjual produk dan layanan yang dipunyai. Adapun tahapan pemasaran tersebut adalah:

 

1. Ideation

Langkah marketing pertama adalah ideation yang merupakan cikal bakal apakah produk atau layanan yang ditawarkan akan mempunyai nilai jual. Marketing juga perlu untuk mengembangkan ide yang akan dijual di pasaran. Sehingga apabila produk dan layanannya ditawarkan di pasaran, akan dapat menari bagi pasar. Oleh karena itulah ide utama ini sangat penting untuk diperhatikan. Ideation meliputi dari jenis barang dan layanan yang akan dijual, pilihan yang disediakan, dan juga cara kemasan dan penyajian bagi konsumen. Berbagai hal tersebut perlu diperhatikan dengan baik ketika akan membuat produk dan layanan yang ditawarkan ke pasar.

 

2. Riset dan pengujian

Langkah marketing yang perlu dipelajari sehingga penting mengikuti marketing training adalah riset dan pengujian terlebih dahulu. Sebelum akan melepaskan produk dan layanan di pasar, maka tentunya perlu untuk melakukan riset dan pengujian terlebih dahulu. Hal ini akan menjamin untuk meminimalkan kegagalan produk dan meningkatkan kesuksesan yang dipunyai. Riset dan pengujian pemasaran perlu dilakukan dengan menguji konsep tersebut pada kelompok tertentu dan juga menggunakan survei untuk mengetahui minat dan antusiasme dari konsumen. Riset tersebut juga perlu mengetahui solusi yang bisa digunakan untuk penyempurnaan ide produk hingga harga jual produk dan layanan yang dibuat.

 

3. Periklanan

Untuk dapat menjual produk dan layanan, maka periklanan merupakan langkah promosi yang bisa digunakan. Sekarang ini promosi banyak yang menggunakan sistem online dengan hasil yang lebih menguntungkan dan juga target yang jelas. Promosi mempunyai banyak cakupan lain yang bisa digunakan mulai dari iklan langsung, kemitraan berbayar, media, mengadakan suatu acara, dan masih banyak jenis promosi lainnya. Pastikan untuk memilih promosi dengan hasil efektif dan konkret untuk kesuksesan produk dan layanan yang ditawarkan.

 

4. Menjual

Langkah marketing terakhir yang bisa dipelajari dari pelatihan marketing adalah menjual. Ketika menjual produk dan layanan juga penting untuk mengetahui rencana yang jelas mengenai penjualannya. Mulai dari tempat penjualan, pihak yang dilibatkan untuk penjualan, lokasi penjualan dan skala yang dipilih, dan juga sistemnya baik secara online atau offline. Hal tersebut merupakan hal penting untuk diperhatikan agar dapat menjual produk dan layanan yang mempunyai hasil menguntungkan.

 

Untuk belajar mengenai berbagai langkah marketing yang dibutuhkan seperti di atas, Anda bisa untuk mengikuti marketing training yang ditawarkan. Salah satu yang bisa dipilih adalah dari Prasmul-ELI yang menawarkan pelatihan marketing dan bisa mendapatkan sertifikat. Program marketing management merupakan salah satu pilihan pelatihan untuk certification programs. Marketing management yang dipunyai tidak hanya memberikan bahasa mengenai konsep dan modul saja, tetapi juga mempunyai metode yang lebih efektif. Mulai dari pengajaran di kelas, studi kasus, diskusi bersama kelompok, seminar, hingga tugas kelompok di akhir program.