Kenali tanda dari Sakit Kepala yang tidak Biasa

Kenali tanda dari Sakit Kepala yang tidak Biasa – Sakit kepala datang dalam berbagai jenis, dan beberapa mudah dikenali. Migrain secara klasik menyebabkan nyeri berdenyut yang berlangsung berjam-jam—kadang bahkan berhari-hari—di satu sisi kepala.

Kenali tanda dari Sakit Kepala yang tidak Biasa

Sakit kepala tegang biasanya terasa seperti pita ketat dijepit di sekitar lubang hidung Anda. Dan sakit kepala sinus muncul sebagai tekanan pada satu sisi wajah Anda, di belakang hidung Anda, atau di atas satu mata saat Anda mengalami infeksi sinus.

Beberapa sakit kepala, bagaimanapun, tidak begitu dikenal.

Apa yang terjadi padaku?

Ketika sakit kepala yang kurang familiar menyerang, gejala atau polanya mungkin membingungkan, atau bahkan menakutkan.

Misalnya, sakit kepala kilat (juga disebut “sakit kepala terburuk dalam hidup Anda”) menyebabkan rasa sakit yang tiba-tiba, intens, dan melemahkan yang dapat berlangsung selama satu jam atau seminggu.

Berikut lima sakit kepala tidak biasa lainnya.

Sakit kepala saat orgasme. Beberapa orang mengalami serangan sakit kepala parah yang tiba-tiba mirip dengan sakit kepala kilat sebelum atau selama orgasme seksual. Meskipun biasanya tidak ada masalah mendasar yang ditemukan, itu harus meminta panggilan ke dokter Anda untuk memastikan.
Sakit kepala pemecah es. Deskripsi sakit kepala yang jelas ini mengidentifikasi karakteristik utamanya: rasa sakit yang tiba-tiba, singkat, dan parah di kepala. Sakit kepala pemecah es berlalu begitu cepat sehingga obat apa pun dapat digunakan. Sakit kepala jenis ini umumnya menyerang orang yang sudah menderita migrain atau sakit kepala cluster.
Sakit kepala persisten harian baru. Dokter menyebut sakit kepala ini “baru” karena mereka berkembang pada orang yang belum pernah mengalami sakit kepala sebelumnya. Permulaannya cukup tiba-tiba sehingga Anda akan sering mengingat kapan tepatnya dimulai. Ini “setiap hari” dan “terus menerus” karena kemudian bertahan tanpa batas, dan dapat meniru migrain atau sakit kepala tegang.
Hemikrania paroksismal. Seperti sakit kepala cluster, hemicranias paroxysmal berlangsung untuk sementara waktu. Tetapi periodenya lebih pendek (10 hingga 30 menit) dan lebih sering (5 hingga 15 kali per hari). Kondisi ini dianggap berbeda dengan sakit kepala cluster, karena setiap jenis sakit kepala merespon secara berbeda terhadap obat yang berbeda.
Sakit kepala akhir pekan. Ini sering disebabkan oleh penarikan kafein, yang menyebabkan pelebaran pembuluh darah. Jenis sakit kepala ini sering dimulai 12 hingga 24 jam setelah tegukan kopi terakhir Anda dan kemungkinan akan berkembang pada akhir pekan, ketika Anda menunda cangkir pertama hari itu atau melewatkan kopi sama sekali. Anda dapat dengan mudah mengidentifikasi jenis sakit kepala ini dengan membandingkan asupan kafein akhir pekan Anda dengan konsumsi hari kerja Anda.
Apa yang harus Anda lakukan tentang sakit kepala?

Perhatikan gejala Anda saat sakit kepala terjadi. Jika tiba-tiba dan intens, seperti sakit kepala petir, itu bisa menandakan pendarahan di dalam kepala. Cari perhatian medis darurat.

Jika sakit kepala tidak terlalu parah, pereda nyeri yang dijual bebas seperti ibuprofen (Advil, Motrin) atau acetaminophen (Tylenol) mungkin cukup untuk meredakan nyeri Anda.

Tetapi jika sakit kepala berulang atau Anda perlu sering minum obat penghilang rasa sakit, bicarakan dengan dokter Anda. Anda mungkin tidak terbiasa dengan pola nyeri tertentu, tetapi kemungkinan besar dokter Anda akan mengetahuinya, atau mungkin merujuk Anda ke spesialis sakit kepala.

Sumber: Swab Test Jakarta