6 Gedung Tertinggi di Dunia dengan kisah mendebarkan

Gedung Burj Khalifa di Dubai Punya 3 Zona Waktu Puasa, Lho! | Sumut Indozone .id

Menatap gedung-gedung tinggi memang menjadi keistimewaan tersendiri. Apalagi jika bisa masuk dan menikmati pemandangan luar gedung dari puncaknya, pasti akan terasa amat spesial. Setiap tahun, manusia selalu memiliki inovasi-inovasi untuk berkembang. Beberapa bisa jadi mustahil saat ini, tetapi untuk beberapa tahun ke depan akan terasa lebih mudah. Berikut list gedung-gedung tertinggi di dunia. Apakah salah satunya pernah Anda lihat? Yuk, simak ulasan berikut.

Daftar 6 Gedung Tertinggi di Dunia

Memiliki gelar sebagai gedung tertinggi di dunia tentu membuat bangga seorang arsitek. Selain mendapatkan apresiasi dari warga sekitar, mereka juga memiliki karya yang bisa dinikmati orang banyak. Berikut ulasan dari tujuh gedung tertinggi di dunia.

  1. Burj Khalifa (828 meter)

Gedung yang terletak di Dubai, Uni Emirat Arab ini memiliki 162 lantai, yang terdiri dari perkantoran, perumahan, ritel, perhotelan, dek observasi, restoran, hingga fasilitas kesehatan. Gedung ini memiliki lift super cepat yang di desain dengan kecepatan 10meter/detik. Dengan begitu, mobilitas pengunjung akan lebih efisien meski harus naik turun lift  ke lantai tertinggi.

Gedung yang dibangun oleh arsitek Adrian Smith ini, memiliki bentuk seperti bunga Hymenocallis locasl atau spider Lily. Desain dengan bentuk Y ini berfungsi untuk mengurangi gaya angin di menara.

  1. Menara Shanghai (632 meter)

Gedung ini terdiri dari sembilan bangunan silindris. Masing-masing zona berisi atrium terpisah berisi taman, kafe dan ruang ritel. Menara Shanghai yang terdiri dari 121 lantai ini diklaim sebagai “gedung super tinggi paling hijau di bumi”. Hal ini dikarenakan bangunan ini menggabungkan beberapa prinsip arsitektur hijau. Seperti penggunaan 120°twist yang memiliki kemampuan untuk mengurangi beban angin di gedung hingga 24%.

Bangunan ini memang dibangun oleh perusahaan ritel Amerika Gensler yang telah membangun Bandara JFK dan Houston Ballet Center of Dance, tetapi tim desainnya adalah Jun Xia. Seorang arsitek yang lahir, dibesarkan, hingga mendapatkan pelatihan  arsitektur dilakukan di Shanghai.

  1. KVLY TV tower (629 meter)

Menara TV terletak di Blanchar, kabupaten Traill, North Dakota, Amerika. Sebagai gedung pencakar langit yang selesai pada tahun 1963, pembangunannya terhitung sangat cepat. Karena pembangunan gedung ini hanya memakan waktu tiga puluh hari untuk berdiri tegak nan kokoh dengan biaya US$500.

  1. Makkah Royal Clock Tower (601 meter). Seperti namanya, bangunan ini terletak di kota Makkah, Uni Emirat Arab. Menara yang rampung di tahun 2012 ini memiliki empat bagian muka jam. Yakni 83 x 67 meter untuk depan belakang dan 77 x 47 di samping. Jarum jamnya memiliki berat 6 ton dengan panjang 17 meter. kn

Tujuan dibangunnya muara ini  adalah untuk memberi tahu kaum muslimin tentang waktu sholat dengan tepat. Oleh karena itu, bagian bawah jam dilengkapi dengan dua juta lampu LED yang akan menyala di waktu azan tersebut. Dengan jumlah ini, tentu lampu jam ini masih bisa terlihat terang hingga jarak 28 meter.

  1. Goldin Finance 117 (596, 5 meter)

Gedung yang memiliki nama lain Tianjin Goldin Metropolitan ini memiliki desain seperti berlian. Sungguh terlihat menawan. Kerennya lagi, gedung tertinggi ke lima ini dirancang sendiri oleh perusahaan konstruksi Cina, P&T Group. Hal ini membuktikan bahwa tim arsitektur China sangatlah mumpuni di bidangnya.

  1. Ping An Finance Center (555 meter). Gedung ini terletak di kawasan Pusat Bisnis Shenzen di Futian. Karena itu, fasilitas di dalamnya sudah lengkap. Mulai dari ruang kantor, hotel, ritel, pusat konferensi, dek observasi dan pusat perbelanjaan.

Ping An Finance Center dirancamg oleh Kohn Pedersen Fox Associates kemudian dikembangkan oleh Ping An Finance Center Construction Development. Hasilnya, gedung ini juga dilengkapi dengan 33 elevator dek ganda. Kecepatan liftnya sama dengan kecepatan lift Burj Khalifa, yakni 10 meter/detik.

Itulah keenam gedung pencakar langit tertinggi di dunia. Dari ulasan di atas, diketahui bahwa negara dengan gedung tertinggi didominasi oleh China, lalu Uni Emirates Arab, dan Amerika. Apakah Indonesia juga akan menyusul? Mungkin Anda yang bisa menjawabnya. Semoga bermanfaat.